Tips Review Harga dan Spesifikasi Smartphone Terbaru

Senin, 24 Februari 2014

Tips Cara merawat Baterai Agar Lebih Awet

Baterai yang di gunakan oleh gadget memang semakin memiliki teknologi yang cangih dan tentunya lebih awet serta memiliki berbagai macam kapasitas baterai yang di gunakan. Teknologi yang di gunakan baterai sekarang ini adalah teknologi Baterai Li-Ion yang sudah memiliki kecanggihan lebih di banding dengan teknologi baterai dulu yang menggunakan teknologi Ni-Cd. Tapi terkadang dan memang kebanyakn orang memperlakukan baterai teknologi Li-Ion dengan baterai teknologi Ni-Cd. Jika kita membeli ponsel maupun smartphone baru pastilah kita di anjurkan oleh pemiliki konter untuk mengecasnya selama 4 jam. Tapi hal tersebut amatlah salah dan tidak perlu di lakukan. Pengecasan dengan waktu 4 jam tersebut hanya berlaku pada baterai yang masih menggunakan teknologi Ni-Cd sedangkan untuk teknologi baterai Li-Ion cukup di cas sampai kondisi baterai full.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai tips cara merawat baterai agar lebih awet :

Gunakan Charger asli
Biasanya jika kita membeli smartphone maupun ponsel tentunya mendapatkan charger yang memang di khusukan untuk gadget tersebut, dengan menggunakan charger tersebut akan membuat anda bisa mengisi baterai gadget tersebut. Salah satu yang merusak dan memperpendek umur baterai gadget yang anda miliki adalah penggunaan charger yang sembarangan, maksudnya adalah menggunakan charger yang bukan miliki gadget tersebut. Resiko yang di timbulkan akan membuat baterai cepat kembung karena tegangan yang di hasilkan tidak sama dengan tegangan yang di butuhkan oleh baterai tersebut.

Siklus pengisian
Siklus pengisian baterai yang dimiliki oleh setiap baterai memang berbeda. Siklus pengisian ini dapat membuat seberapa banyak baterai dapat di isi ulang dan setelah itu harus dig anti dengan yang baru. Siklus baterai sangat penting untuk untuk sebuah baterai gadget. Contohnya saja produk Apple yang mengklaim bahwa silus baterai yang dimiliki oleh perangkat apple dapat di isi ulang sebanyak 500 kali dan jika lebih dari 500 kali pengisian maka baterai akan mengalami penuruan fungsi baterai.

Charger saat kosong maupun tinggal 50 %
Jika anda hendak mengisi baterai gadget anda, perhatikan apakah baterai yang tersebut sudah habis atau masih tersisa banyak. Untuk mencharging baterai di rekomendasikan untuk mengisis baterai sekitar 30 sampai dengan 60 persen, karena pada keadaan itu baterai akan tetap normal dan tentunya tidak di ambang batas. Jika baterai tersu menerus habis dan selalu dalam keadaan nol maka akan membuat abterai crepat rusak alias baterai drop.

Jangan di banting
Baterai yang anda miliki jangan di banting atau di ajtihkan, karena jika baterai tersebut jatuh dan rusak maka cairan kimia yang ada di dalam baterai akan keluar dan tentunya baterai tidka dapat di gunakan lagi.

Suhu baterai
Suhu baterai yang dimiliki tentunya akan berpengarih pada baterai itu sendiri. Suhu baterai yang normal antara 20 samapi 30 derajat Celsius.  untuk suhu yang paling dingin adalah 5 derajat Celsius dan untuk yang terpanas 45 derajat Celsius. jika baterai terus menerus berada di atas suhu 45 derajat Celsius maka baterai akan cepat panas dan akhirnya rudak.

Semoga dengan informasi ini dapat membuat anda semakin tahu bagaimana cara membuat baterai gadget anda awet. Terima kasih
Facebook Twitter Google+

Back To Top